Kamis, 25 September 2014

My Department


Informasi Umum

Jurusan Teknik Informatika menyelenggarakan Program Sarjana Strata 1 berdiri 2005 dan telah meluluskan lebih dari 250 Sarjana Komputer yang berkarier sebagai Pegawai Pemerintah dan Swasta, Perbankan. Jurusan dikelola oleh 40 Dosen yang bergelar Doktor, Magister, dan Sarjana yang berpengalaman. Jumlah mahasiswa aktif kurang lebih dari
1800 mahasiswa.
Lulusan Sarjana Teknik Informatika dibekali dengan ketrampilan dan keahlian dalam bidang Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan Komputer, Disain Multimedia dan Grafis. Teknik Informatika memiliki Laboratorium: Jaringan Internet dan Intranet, Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem dan Arsitektur Komputer, Desain Aplikasi Multimedia dan Grafis, Cisco Networking serta sertifikasi CCNA, SAP, KKPI, JENI dan lain sebagainya.
Produk intelektual yang dikembangkan saat ini adalah perangkat lunak Maleo Phone dan Bunaken Project.


Visi, Misi dan Tujuan

Visi :
Menjadi jurusan yang unggul dan terdepan dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi yang bermoral, berbudaya dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Misi :
1.    Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dibidang teknologi informasi dan komunikasi yang berorientasi pada perkembangan terkini.
2.   Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terpadu.

Tujuan :
Menghasilkan lulusan sarjana teknik informatika yang memiliki keunggulan di bidang keilmuan dan ketaqwaan sehingga mampu beradaptasi serta mengembangkan diri sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi informasi. 
Kompetensi
Adapun  kompetensi lulusan yang diharapkan adalah sebagai berikut:
1.    Mampu beradaptasi dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang terkini di masyarakat.
2.   Mampu bekerja dan berkompetisi dalam era globalisasi.
3.   Mampu membangun dan mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan efisiensi kerja.

Kompetensi
Adapun  kompetensi lulusan yang diharapkan adalah sebagai berikut:
1.    Mampu beradaptasi dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang terkini di masyarakat.
2.   Mampu bekerja dan berkompetisi dalam era globalisasi.
3.   Mampu membangun dan mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan efisiensi kerja.

Fasilitas
Program Studi Teknik Informatika didukung oleh sarana dan prasarana berupa laboratorium yang representative yang berfungsi sebagai pusat pembelajaran dan ekperimental. Disamping itu laboratorium juga dipergunakan mahasiswa dan layanan untuk riset dan konsultasi  perancangan perangkat lunak (software engineering), desain dan rekayasa jaringan (networking), serta desain dan rekayasa aplikasi multimedia dan grafis. Adapun Kerjasama yang telah terjalin antara lain : Regional academy JENI (Java Educational Network Indonesia), SAI (Sun Academy Initiative), OAI (Oracle Academy Initiative), CNAP (Cisco Network Academy Program), dan SAP-ERP (Enterprise Resource Planning). Laboratorium yang sudah dimiliki, yaitu :

a.      Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak
Tujuan dari praktikum rekayasa perangkat lunak adalah agar mahasiswa memiliki kemampuan dan kompetensi dibidang rekayasa perangkat lunak yang merupakan kompetensi dasar yang dimiliki oleh seorang mahasiswa Program Studi Teknik Informatika. Adapun mata praktikum pada laboratorium perangkat lunak merupakan penunjang bagi matakuliah : pemrograman terstruktur, pemrogram berbasis obyek dg java, algoritma dan struktur data, dan rekayasa perangkat lunak.

b.      Laboratorium Jaringan
Tujuan dari praktikum jaringan adalah agar mahasiswa memiliki kemampuan dan kompetensi dibidang jaringan yang        merupakan kompetensi yang dimiliki oleh seorang mahasiswa Program Studi Teknik Informatika. Adapun mata praktikum pada  laboratorium perangkat lunak merupakan penunjang bagi matakuliah : Jaringan dan Komunikasi data, Jaringan Wireless,    Komputasi Mobile, VPN/MPLS

c.       Laboratorium Sistem Informasi
Tujuan dari praktikum sitem informasi adalah agar mahasiswa memiliki kemampuan dan kompetensi dibidang sistem informasi yang merupakan kompetensi yang dimiliki oleh seorang mahasiswa Program Studi Teknik Informatika. Adapun mata praktikum pada laboratorium perangkat lunak merupakan penunjang bagi matakuliah : Sistem Informasi, Sistem Informasi Geografis, desain database, dan database terdistribusi.

d.      Laboratorium Sistem dan Arsitektur Komputer
Tujuan dari praktikum sistem dan arsitektur komputer adalah agar mahasiswa memiliki kemampuan dan kompetensi dibidang sistem dan arsitektur komputer yang merupakan kompetensi yang dimiliki oleh seorang mahasiswa program studi teknik informatika. Adapun mata praktikum pada laboratorium perangkat lunak merupakan penunjang bagi matakuliah : organisasi dan arsitektur komputer dan mikrokontroler

e.       Laboratorium Desain Aplikasi Multimedia dan Grafis
Tujuan dari praktikum desain aplikasi multimedia dan grafis adalah agar mahasiswa memiliki kemampuan dan kompetensi  dibidang desain aplikasi multimedia dan grafis yang merupakan kompetensi yang dimiliki oleh seorang mahasiswa Program  Studi Teknik Informatika. Adapun mata praktikum pada laboratorium perangkat lunak merupakan penunjang bagi matakuliah :  Komputer Grafik, Desain Aplikasi Multimedia dan Grafis, Animasi Komputer, Pengolahan Citra Digital dan Virtual Reality.






Sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar