Informasi Umum
Jurusan Teknik Informatika menyelenggarakan Program Sarjana Strata 1
berdiri 2005 dan telah meluluskan lebih dari 250 Sarjana Komputer yang
berkarier sebagai Pegawai Pemerintah dan Swasta, Perbankan. Jurusan dikelola
oleh 40 Dosen yang bergelar Doktor, Magister, dan Sarjana yang berpengalaman.
Jumlah mahasiswa aktif kurang lebih dari
1800 mahasiswa.
Produk intelektual yang dikembangkan saat ini adalah perangkat lunak Maleo
Phone dan Bunaken Project.
Visi, Misi dan Tujuan
Visi :
Menjadi
jurusan yang unggul dan terdepan dalam penguasaan teknologi informasi dan
komunikasi yang bermoral, berbudaya dan bertaqwa kepada Allah SWT.
Misi :
1.
Menyelenggarakan pendidikan
dan pengajaran dibidang teknologi informasi dan komunikasi yang berorientasi
pada perkembangan terkini.
2.
Menyelenggarakan penelitian dan
pengabdian masyarakat melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi
secara terpadu.
Tujuan :
Menghasilkan
lulusan sarjana teknik informatika yang memiliki keunggulan di bidang keilmuan
dan ketaqwaan sehingga mampu beradaptasi serta mengembangkan diri sesuai dengan
perkembangan ilmu dan teknologi informasi.
Kompetensi
Adapun kompetensi lulusan yang diharapkan adalah sebagai berikut:
1.
Mampu beradaptasi dalam
pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang terkini di masyarakat.
2.
Mampu bekerja dan berkompetisi
dalam era globalisasi.
3.
Mampu membangun dan
mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan efisiensi
kerja.
Kompetensi
Adapun kompetensi lulusan yang diharapkan adalah sebagai berikut:
1.
Mampu beradaptasi dalam
pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang terkini di masyarakat.
2.
Mampu bekerja dan berkompetisi
dalam era globalisasi.
3.
Mampu membangun dan
mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan efisiensi
kerja.
Fasilitas
a. Laboratorium
Rekayasa Perangkat Lunak
Tujuan dari
praktikum rekayasa perangkat lunak adalah agar mahasiswa memiliki kemampuan dan
kompetensi dibidang rekayasa perangkat lunak yang merupakan kompetensi dasar
yang dimiliki oleh seorang mahasiswa Program Studi Teknik Informatika. Adapun
mata praktikum pada laboratorium perangkat lunak merupakan penunjang bagi
matakuliah : pemrograman terstruktur, pemrogram berbasis obyek dg java,
algoritma dan struktur data, dan rekayasa perangkat lunak.
b. Laboratorium Jaringan
Tujuan dari
praktikum jaringan adalah agar mahasiswa memiliki kemampuan dan kompetensi
dibidang jaringan yang merupakan kompetensi yang dimiliki oleh seorang mahasiswa Program Studi
Teknik Informatika. Adapun mata praktikum pada laboratorium
perangkat lunak merupakan penunjang bagi matakuliah : Jaringan dan Komunikasi
data, Jaringan Wireless, Komputasi Mobile, VPN/MPLS
c. Laboratorium
Sistem Informasi
Tujuan dari
praktikum sitem informasi adalah agar mahasiswa memiliki kemampuan dan
kompetensi dibidang sistem informasi yang merupakan kompetensi yang dimiliki
oleh seorang mahasiswa Program Studi Teknik Informatika. Adapun mata praktikum
pada laboratorium perangkat lunak merupakan penunjang bagi matakuliah : Sistem
Informasi, Sistem Informasi Geografis, desain database, dan database
terdistribusi.
d. Laboratorium
Sistem dan Arsitektur Komputer
Tujuan dari
praktikum sistem dan arsitektur komputer adalah agar mahasiswa memiliki
kemampuan dan kompetensi dibidang sistem dan arsitektur komputer yang merupakan
kompetensi yang dimiliki oleh seorang mahasiswa program studi teknik
informatika. Adapun mata praktikum pada laboratorium perangkat lunak merupakan
penunjang bagi matakuliah : organisasi dan arsitektur komputer dan
mikrokontroler
e. Laboratorium
Desain Aplikasi Multimedia dan Grafis
Tujuan dari
praktikum desain aplikasi multimedia dan grafis adalah agar mahasiswa memiliki
kemampuan dan kompetensi dibidang
desain aplikasi multimedia dan grafis yang merupakan kompetensi yang dimiliki
oleh seorang mahasiswa Program Studi Teknik
Informatika. Adapun mata praktikum pada laboratorium perangkat lunak merupakan
penunjang bagi matakuliah : Komputer
Grafik, Desain Aplikasi Multimedia dan Grafis, Animasi Komputer, Pengolahan
Citra Digital dan Virtual Reality.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar